Donat Mini

Beralih dari yang gulung-gulung, sekarang bikin donat yuuu.... Setelah browsing sana-sini akhirnya nemu resep yang katanya mirip J.Co. Memang dari dulu aku tuh pengen bikin donut yang empuk puk... Dulu pernah bikin hasilnya kurang empuk. Nah, resep ini dapet dari blognya Diana (thanks ya!), Donut ala J.Co versi Filma. Resep ini memang pakai bread softener so pasti hasilnya empuk banget. Pokoknya aku puas sama resep yang satu ini, mantap deh.. Di resep memakai kuning telur yang direbus, aku bikinnya ga pakai yang direbus, tapi langsung pakai aja berbarengan dengan susu cair.


Bahan (1/2 resep):
200 gr terigu protein tinggi
12.5 gr gula pasir halus
4 gr ragi instant
2 gr bread improver
1 gr rimulsoft (aku ga pakai soalnya ga punyaa)
1/8 sdt soda kue
140 ml susu cair
2 kuning telur
1/2 sdm butter flavour (aku pakai esens butter cookies)
1/4 sdt rhum (optional)
2.5 gr garam (aku pakai 2 jumput saja)
5 gr margarin (aku pakai butter)

Topping:
DCC, cairkan
Buttercream
Cokelat meises
Keju cheddar parut

Cara:
1. Campur dan aduk terigu, gula, ragi, bread improver dan soda kue dengan mixer selama 1 menit.
2. Masukkan kuning telur dan susu cair (susu masukkan sedikit-sedikit, jika sudah adonan sudah cukup kekenyalannya, ga perlu dimasukkan semua susunya).
3. Tambahkan garam dan margarin/butter, uleni sampai kalis. Diamkan 15 - 30 menit.
4. Kempiskan adonan dan giling lalu cetak dan letakkan pada loyang yang sudah ditaburi terigu. Diamkan sampai mengembang 20 - 30 menit.
5. Goreng dalam minyak sampai matang.
6. Hias sesuai selera.

Comments

Nakia Cakes said…
mmmm... agak lain nih resepnya, pake soda kue segala
enak ya??? coba ah kapan2, boleh kan??? ;)
erna komara said…
mantep bener......, berapa gram nih donatnya.,
Vin Wong said…
boleh dicoba:p enak lho...
Vin Wong said…
aku ga nimbang, aku cetak pakai ring diameter 3.5 cm
Linn Pauwels said…
wuah sukses donatnya Vin... kapan2 cobain ah resepnya..
Vin Wong said…
iya nih donutnya enak:p aku makan terus bakal nambah timbangan, hehehe
yohana halim said…
wah....mau coba ah.... TFS ya.... sering kecewa sama hasil akhir onat bikinan sendiri, hehehehhe...maksud hati pengen kayak J.Co....apa daya jadinya padat kayak donat kampung.....padahal dah sengaja beli tepung komachi segala....
Princess D said…
hahahaha telur juga ga aku rebus kok, kurang praktis gitu!!

wah ikut seneng, ternyata sukses :P

donutnya juga lebih cantik kok daripada punya aku :D

Vin Wong said…
he eh Yo, cobain yg ini, asli empuk:p
Vin Wong said…
iya nih, thanks lho resepnya:) masalah penampakan bisa bermacam-macam, tapi yang pasti rasanya sama-sama enak! betul ga?
Lina W said…
duh rajin banget Vin...donatnya cantik lagi..., kita semua pada doyan donat, tp males bikinnya jadi selalu beli aja. aku belum pernah nyobain donat J.Co..spt krispy cream itu ya?
Dyah Wahyu said…
nyoba aaahhh... TFS
sebelumnya boleh nyicipin ya ..yummmy
Vin Wong said…
krispy cream donutnya lebih padat dibanding J.Co. Donut J.Co ringan banget jadi ga kenyang kalau cuman makan satu:p
Vin Wong said…
boleh diicip dyah:p aku bikinnya mini-mini jadi enak makannya dalam arti ga berhenti2 nih, hahahaha
yanna yanna said…
cakep banget itu donat ....nyam..nyam ... kapan2 bole nyontek ya
Princess D said…
iyah!! sama2 empuk dan bikin ketagihan! hahaha
kayanya resepnya agak lain nih...boleh coba ya kapan2....???? tfs
Rossy E said…
makasih ya Vin udah share resep donatnya
nyam nyam nyam keliatan yummy banget :d.
Vin Wong said…
Sama-sama Rossy:)
Lily Tjhang said…
Vin, gue yg tengah itu yah mesen 10 biji,keju yg buuuaaanyaakk:)hahahaa..persis uei yg dunkin...hihihih
Vin Wong said…
siaapp dehhh, gua bikinin ya ntar dikirim yee:) hehehhe
hiks....blm pernah mo nyoba donut...gak terlalu suka sih....tp one day ...kudu ya'
Mina Ng said…
Vin saya copas nih resep...udah dari kapan hari request anak2 donat....tp blm ada nyali nyoba nih....
foni jumani said…
asik eii... btw bread improver kyk gimana sih? nah sekalian gue tanya kalo naro dcc di donut gitu dicelupin aja ke coklat?
Vin Wong said…
hiks, donut enak lho, hehehe
Vin Wong said…
ayo buat Mina, ntar kabar-kabari gimana hasilnya:p
Vin Wong said…
bread improver bentuknya powder. Iya, betul, si donut dicelupin ke dcc:d
eliza a said…
gue beli aja deh...hehehe...males ngegoreng donat :D
Vin Wong said…
hahaha, enaknya tinggal maem ya liz:p
ririk octavia said…
boleh dicontekkan mbak vin
nyontek resepnya ya Vin...kliatannya menul2..aku pernah bikin yg pake tepung komachi ituw..skrg pengen nyobain yg ini deh...
Vin Wong said…
iya Arta, selamat mencoba:)
Nicole Wong said…
my brother loves dougnat very very much, I will ask my mom to try your recipe...
Vin Wong said…
this recipe is very very yummy! just try it!
Princess D said…
hihihihi.... ikut seneng puas ama resepku :)

emang empuk kok!!! puasssss hahahaha