Floss Roll

Hari ini aku buat Floss Roll yang menjadi favoritnya Rachmah. Penasaran sama rasanya yang katanya enaaak:) Resep dengan takaran asli bisa dilihat di sitenya Rachmah, sumber dari Majalah Santap. Resep yang aku tulis dibawah ini, untuk ukuran loyang 20 x 20 x 4 cm. Hasil jadi Floss Roll ini agak kekeringan, padahal aku panggang baru 14 menit, next time harus diadjust sesuai tingkat panas dari ovenku. Jadi, berhubung kering, susah digulungnya, retak-retak:( Tapi jangan putus asa, hehe. Tetep aku gulung biarpun retak, dan aku oles dengan mayonnaise seluruh permukaannya dan dilapisi abon. Rasanya yummy mirip roti abon tapi ini pakai cake.

Bahan:
2 telur
25 gr gula pasir
3 gr emulsifier
1/8 sdt vanili extract
40 gr terigu protein sedang
6 gr susu bubuk
1/3 sdt baking powder
33 gr mentega, lelehkan

Taburan:
1 batang daun bawang, iris tipis
1 buah cabai merah, iris tipis
biji wijen putih
abon sapi
mayonnaise

Cara:
1. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang. Tambahkan emulsifier dan vanili. Kocok sampai kental.
2. Masukkan tepung terigu, susu bubuk dan baking powder, kocok rata.
3. Masukkan mentega leleh, aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang 20 x 20 x 4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Taburi dengan daun bawang, cabai, dan wijen.
4. Panggang dengan suhu 190 - 200 derajat Celcius selama kurang lebih 10 menit. (Resep original suhu 190 derajat Celcius selama 20 menit).
5. Angkat dinginkan, oles dengan mayonnaise, gulung. Dinginkan 15 menit dalam lemari es.
6. Oles permukaan dengan mayonnaise, taburi abon.

Comments

yohana halim said…
aku pernah bikin pake resep ini dari santap juga....hasilnya sama euy...terlalu kering, jadinya retak2.... dan menurut aku kurang moist kuenya....
Vin Wong said…
he eh Yo, aku lihat jadinya ini kan tipis, jadi suhu harus tinggi tapi waktu panggang sebentar. Jadi next time harus 190 - 200 cukup 10 menit. Mungkin yang di Santap buat yang pakai oven listrik ya..
Lily Tjhang said…
aku juga pernah bikin neh tapi gue roll aja, soalnya gue gue ngak pandai ngeroll, tenaga bajak sapi kalu buat ngeroll jadi rata kayak jalan aspal..emang enak gue doyan bgt:)
Vin Wong said…
hahaha, iya nih sedikit kekeringan aja jadinya susah digulung:p
Linn Pauwels said…
enak nih, perlu dicoba...
Dyah Wahyu said…
favorit ku nih.. tapi males bikin hehehe..
malah skr udah ada yg vlanya vla telor asin..tambah gurih deh :)
Vin Wong said…
yummy! boleh dicoba:)
Vin Wong said…
haha, kenapa males bikin? Bikinnya cepet banget:d Lebih cepet lagi kalau beli ya, hahahaha. Wah ada yang vla telor asin? *lagi bayangin gimana rasanya!*
ezza mizushima said…
vin... mintaa.........
ngiler nih liatnya
Bener yummy yach??!!
Btw, hmmm kamu nyoba 1/3 resep ya....lain kali coba tinggi loyangnya pake yg 2 ato 3 cm aja Vin dan panas oven jgn terlalu panas ckp 180 saja, selama 10-14 menit. Kalo untuk uk. kecil mending lagi tdk usah pake baking powder...jd kue lbh moist.
Biasanya dr resep santap itu aku pakai baking powdernya hanya 3 gr (spt tertera dlm kurung yg aku pakai) untuk uk. 30X40X3 cm, dgn suhu 180 selama 17-20 menit (agak lama karna uk. ly lbh besar). Oven yg aku pakai oven gas biasa...
Vin Wong said…
boleh, ini masih adaaaa... hehehe
Vin Wong said…
kuenya menurut aku cukup moist. Iya nih ga ada loyang tinggi 2 atau 3 sih, jadinya pake yang 4 cm:p
Anyway, sayang incipnya gak nyampe' sby...ehhehehe
erna komara said…
yummyyyyyyyyyy, ada cabenya.....,
Widya Hidayat said…
Pasti yummyyyy - kayanya mulai sering gulung-gulung niiiyyy :)
Vin Wong said…
iya nih, cake satu ini mengandung cabe dan bawang:p
Vin Wong said…
he eh wid, lagi hobi gulung menggulung:d
Esti . said…
Aih, cantiknya pake floss & wijen .. yuuummmm !
Vin Wong said…
ya Esti, pas digigit empuk lagi:p
Happy & Kenny said…
Yummyyyyy....minta sepotongg boleh ngga????
foni jumani said…
wawww..hebat bangett.... kirimin dong
eliza a said…
gue pernah bikin steamed floss salty cake. hampir kayak gini, lebih sederhana dan di kukus. tfs ya...
Vin Wong said…
mau sepotong?? bolehhh:p
Vin Wong said…
foni bisa aja:p dikirim ke tempatmu kayaknya blm nyampe udah ludes yaa
Vin Wong said…
sama-sama liz...
Vin Wong said…
yup! yummy.. nyam nyam....