Sugarpaste

Mulai belajar cake decorating pakai sugarpaste/rolled fondant. Pertama kali bikin sugarpaste, cape juga karena harus ngulenin kaya bikin roti:p Lebih berat malah, adonannya lebih alot. Besok rencana mau mulai diwarnain dan dibentuk.

Sumber: The Home Guide to Cake Decorating (by Jane Price)
Sugarpaste

5 tsp gelatine
125 liquid glucose (sekitar 8 - 9 sdm)
1 tbs glycerine
1 kg icing sugar

Cara:
1. Tabur gelatin ke dalam wadah berisi 3 sdm air. Biarkan sampai berbusa.
2. Taruh mangkuk berisi gelatin tadi di atas air panas, aduk sampai gelatin larut. Tambahkan glucose & glycerine, aduk rata.
3. Ayak icing sugar ke dalam mangkuk besar, buat lubang di tengah. Tuang cairan gelatin ke dalam lubang, aduk dengan sendok kayu. Lalu ganti uleni dengan tangan sampai semua menyatu.
4. Pindahkan adonan ke atas meja yang ditaburi icing sugar, lanjut uleni sampai pliable/elastis. Tambahkan icing sugar sedikit-sedikit bila perlu.
5. Sugarpaste bisa langsung dipakai atau bungkus plastik rapat dan simpan dalam container kedap udara (bisa sampai 3 hari).

Comments

ienas Tsuroiya said…
oh, pake gelatin ya..
Susi . said…
glyserin beli di mana ya? glucose udah punya
Vin Wong said…
iya pakai gelatin...
Vin Wong said…
aku beli di gardujati (aneka kimia)
Lina W said…
aku kadang suka bikin juga...tp hasilnya masih belum sesempurna yg beli jadi...
Vin Wong said…
iya nih, aku ga tau ini udah ok atau belum. Besok dicoba digiling, semoga ok:p
Monica Tan said…
kalau beli jadi lebih tahan lama yah...
Irma Rode said…
vin, katanya glycerine itu ada yang utk makanan dan ada yang untuk industri, yang untuk kosmetik atau lainnya... bedanya dimana saya ngga tau :-)
katanya waktu beli harus tanya ini bisa untuk makanan tidak
Vin Wong said…
oh gitu, aku kurang tahu:p
Vin Wong said…
iya ir, aku udah tanya ke penjualnya, buat yang food grade, yang aku beli terbuat dari kelapa sawit. Jadi yang vegetable bukan chemical ya. Rada susah nyari glycerin ini.
pwngwn nyoba resep yg ini tapi :( sayang nyari glicerinnya susah disini... bagus yah hasilnya ??
erna komara said…
hasile gimana Vin ?? nyari glycerin dimana toko kimia ya ??,
Lily Tjhang said…
ngomong glycerin jadi ingat sama hercule poirot, ntah buku yg mana, ada keracunan glycerin,hahahaha...

ck ck rajin lo yeh..mau pindah gue dekat2 lo..kali lo mo ngasih gue kalo buat makanan enak:)
Vin Wong said…
aku diinepin semalem, besoknya ngerasin, jadi aku tambah glycerin lagi. Ga tau kadar glycerin yang boleh dipakai tuh sampai berapa banyak? *bingung* Btw, percobaan berikutnya aku bakal pakai resepnya Syanti:)
Vin Wong said…
besoknya ngerasin:( iya aku sih di bandung baru nemu di toko kimia, toko ini jual bahan kimia & esens. Dianya bilang ini food grade. Dalam hati aku masih sedikit ragu, soalnya ga ada merk. Ntar mo cari lagi. Yang ini sih dipake buat belajar decor aja, bukan buat dikonsumsi. Di Jakarta ada katanya di toko Ani.
Vin Wong said…
pasti ly! kalau lu ada di deket gua, pasti dikirimin tiap hari:p
aku sendiri blm tergerak pingin nyobain nih... hiks
Vin Wong said…
aku dah praktek nih, udah setengah jadi bentar mo dipublish aja deh:d soalnya ga tau kapan mo diselesain, hehehehe. Asik juga lho Rachmah, cuman buat sugarpastenya cape:p
Nicole Wong said…
just for info, u can find the safe glycerin in wilton shop
Vin Wong said…
thanks for the info nicole!
foni jumani said…
vin,baru tau gue sugar paste = fondant ya? sering2 posting ginian ya biar gue bisa belajar jua
Vin Wong said…
yup! sugarpaste= rolled fondant. Kalau "fondant" aja beda ama rolled fondant. Tapi kita memang sering nyebut rolled fondant tuh fondant aja. Kalau dalam konteks cake decorating, fondant ya rolled fondant:p
foni jumani said…
mang kalo fondant beneran kyk giaman vin? lo bikin deh ntar gue liat
Vin Wong said…
fondant aja teksturnya cair, biasanya buat isi cokelat praline. Ntar deh kalau gua bikin.
NORIZA ABDULLAH said…
Di Bandung kat mana nak beli bahan-bahan untuk buat cake seperti roller, cookies cutter dll. Boleh bagi alamat toko.
Vin Wong said…
@ norizaab: di Kijang mas jalan hariang banga no.6 atau ny.liem jalan naripan 80.