(Almost) Forgotten Indonesian Culinary Heritage: Kembang Tahu

Tahukan eventnya Rurie, "Almost Forgotten Indonesian Culinary Heritage". Hmm dari awal bulan mencari resep yang 'hampir terlupakan alias langka' susah banget, lagi ga kepikiran gitu. Akhirnya inget makanan ini, dulu waktu kecil aku sering beli dari pedagang keliling yang kadang2 lewat depan rumah. Namanya Kembang Tahu, setelah googling ternyata di Semarang dikenal dengan nama Tauwa atau Wedang Tahu. Di Jakarta dikenal dengan Kembang Tahu sama dengan di Bandung.

Ga tau deh makanan ini awalnya banget dari mana. Juga mengenai kelangkaannya bagaimana, tapi kalau di sini aku dah jarang nemuin. Cuma bbrp tempat yang aku tahu jualan ini. Bahan dasar pembuatannya bisa dari kembang tahu atau susu kedelai. Aku memilih membuatnya dengan susu kedelai karena terlihat lebih simple. Hasilnya enaak.. sama dengan yang biasa aku beli dulu, tapi teksturnya belum 100% serupa, apa harus menggunakan kembang tahu??

Jangan menyepelekan bahan dan cara buat yang sangat simple ini, karena rasanya yang lezat dan manfaatnya bagus banget untuk tubuh kita:)

Kembang Tahu

Source: dari sini
(1/2 resep):

250 ml susu kedelai
300 ml air
1/2 bungkus agar-agar
garam

saus:
125 gr gula merah, sisir
75 ml air
25 gr jahe, memarkan

Cara:
- Didihkan susu, air, agar-agar & garam sampai mendidih. Dinginkan dan biarkan beku.
- Saus, didihkan semua bahan, saring.
- Iris tipis kembang tahu, siram dengan sausnya.

Comments

Ike Hermawan said…
waaah..benerrrr jajanan favorit....makasih resepnya ya say, aku coba kapan2...slruuupppphhh....
molly maulina said…
vin klo kembang tahu yg dijual di mamang2 itu.. kayaq gimana sih ? teksturnya.. ? abisnya klo orang bilang kembang tahu kebayangnya yg suka dipake campuran capcay :))

mamaku suka bikin .. kayaq gini lah kira2 resepnya tp suka pake susu murni biasa jg klo gak ada susu kedelai ha ha maksa yaa
first last said…
hi there...saya udah lama pengen buat kembang tahu tp nggak tahu caranya..senang bgt ketemu postingan ini, minta ijin copy resep yah . tks n salam kenal!
Vin Wong said…
teksturnya mirip gini mba. lembut banget. Kalau yang asli lembut tapi renyah..(lhaaa gimana yaa). Yang aku bikin ini, lembut juga, tapi kerasa kaya puding. Yang aslinya ga... Trus aku kurang tipis ngirisnya..susah:p
Vin Wong said…
halo...salam kenal juga.. Silakan dicoba yaa:)
Mira Assjarif said…
Lho ternyata pake agar-agar ya? Wah enak nih.. Suka lewat di depan rumah. Tapi kadang rasa gula merahnya kayak pake pemanis buatan. TFS Mba Vin.
ehhmm... kalo disini di sebut tawe , kaya tahu di kasih simple sirup , ada yg pake gula merah ada yg pake sirup gula biasa... ehmm enak lgo kalo panas-panas buat sarapan :)
Linn Pauwels said…
iya gw dulu sering liat dijual dipasar-pasar atau jalanan.. tp blom pernah nyoba makan... kapan2 cobain ah
ririk octavia said…
Coba diliat di tempat mbak stela, mbak vin disitu ada tauwa yang lain
vierly juanita said…
Vin, g jg telat.. kirain j 6 sore deadlinenya...
Vin Wong said…
tawe..mirip ama sebutan di semarang yaa. Memang enak banget ya tie.. khususnya yang pake jahe:p
creative sekali mbak..salute
Vin Wong said…
enak lho lin...silakan mencoba:)
Vin Wong said…
sipp..thanks ya rik..
Vin Wong said…
iyaa nih.. mau dikebut semaleman udah ga sanggup:p
kartika dewi said…
gua doyan bgt vin kembang tahu, kalo ke jkt, mau panas2 jg tetep mau, abis kapan lagiii...
Vin Wong said…
hihihi... emang enaaak banget sih:p
wah boleh juga neh bikin ginian...belum pernah makan juga..
elsye suranto said…
doyaaaannnnn hihihihihi pengen deh bow Vin kapan2 bikin nin dong btw potona menggoda iman :D
Lily Tjhang said…
duh kembang tahu di taburi kacang tanah goreng makan panas2...slurppp..mang pake agar2 yah? di sini keiknya bukan agar2 deh..tahu itu pengerasnya apaan tuh yg khusus buat kembang tahu gethooo:)
Fee 70 said…
Bener Vin..di Semarang dulu aku jg sering beli....lekker...TFS..
Vin Wong said…
gampang sye... ntar dibikinin deh:p
Vin Wong said…
ya ly, ada pengeras khusus. namanya apa gitu...:d kayanya kalau pakai bahan itu, baru persis kaya yang dijual, hehhehe...
Rurie Sofyaniek said…
Sip Vin, thanks buat entrynya :D
Vin Wong said…
sama-sama rie, barusan udah kirim ke emailmu ya..
Fitriyah Tamim said…
Tauwa ini hampir setiap hari lewat depan rumah(Sepanjang-SDJ),memang sudah jarang ada yang beli.Aku suka wedangnya mbak hihihi...
Lina W said…
mmm...enak sekali nih...
Happy & Kenny said…
waaa enakkkkkkkkk....duh Vin, kamu always post resep yang enak-enak deh.
foni jumani said…
vin gue doyan banget kembang tahu.
thx buat resepnya bisa praktek nih... ,
waah...ini tiap hari lewat di depan rumahku...jadi tinggal beli hihihi...
Vin Wong said…
:d ga usah beli, bikin aja deh...hehe
Vin Wong said…
bikin happy ngiler!
Vin Wong said…
walahhh ini mah bukan almost forgotten dong yaa:p hehhee
yohana halim said…
gw samapi sekarang belum bikin soalnya gak nemu ciokonya...
Vin Wong said…
harus pake cioko ya yo biar afdol:p
Elly PS said…
Wah kalo jajan kembang tahu depan rumah bisa 2-3 mangkok heuheuheu...
abis seger, anget slruuuppp...
yohana halim said…
versi asli dari tauhwe ini memang menggunakan cioko sebagai media penggumpalannya.....dulu mama gw pernah bikin, tapi gagal. kalo tauhwe ini memang termasuk makanan kenangan masa kecil...tiap lihat ini, pasti inget masa kecil gw di kampung yang sarapan hampir tiap paginya adalah ini, soalnya dulu tukang tahunya rumahnya deket, terus tiap pagi, kalo dia mau jualan pasti pembeli pertamanya gw, hehehehehe
Vin Wong said…
jadi penasaran yo, mau cari ciokonya nanti. mau coba bikin:p
Vin Wong said…
hahahhaa...1 mangkok ga cukup yaa...
arfi binsted said…
di sini ada yang jual kembang tahu, musti beli di toko Asia. aku asli suka inget sama clear Chinese soup kalo baca kembang tahu. kayak gini nih. bening. tapi aku lebih suka pake banyak irisan daun bawang sama wortel. mmmm...
Vin, minta ijin untuk pasang foto ini & aku link juga ke sini ya...lagi kangen nih dgn makanan ini....
Bisa dicek disini : http://kedaikuistanaku.blogspot.com/2009/06/sarapan-yuuk.html
Vin Wong said…
boleh banget rach....:)
mbak itu agar-agar nya satu bungkus nya berapa gram ya?
ok makasih, saya pengen bikin tapi pake agar2x merk lain dr swallow.