KBB #18: French Macarons

Wowwww itu pertama kali terima surcin kbb ke-18 yang bertema French Macarons! Benar-benar dipaksa untuk membuat kali macarons, setelah tahun kemarin percobaan pertama gagal:(

Kali ini mantengin web nya Helen dulu, akhirnya yook buat Chocolate French Macarons, resep dasar memakai resepnya di blog Helen, Coffee Chicory Macarons yang diganti pemakaian espresso dengan cocoa powder.

Dengan hati tenang, mulai menimbang bahan dan mengocok putih telur yang sudah terpisah dengan kuningnya kurang lebih 1 minggu, dan kondisi sudah di suhu ruangan.
Kocok putih telur sampai glossy (soft peak saja). Baru masukkan bahan kering, yaitu almond bubuk, gula halus dan cocoa powder yang terlebih dahulu sudah dicampur dan diblender, supaya ketiga bahan tersebut tercampur rata.

Aduk putih dan bahan kering secara cepat tapi lembut, tidak lebih dari 50x putaran. Lakukan tes, tuang 1 sdt adonan, jika permukaan adonan menjadi flat (tidak muncung) artinya adonan sudah ok!. Jika masih muncung, aduk 1 - 3 kali putaran saja. Lakukan tes kembali.

Spuit adonan membulat diatas loyang yang sudah dialas kertas roti. Biarkan 30 menit  atau lebih agar permukaan adonan membentuk lapisan keras. Panggang selama 15-20 menit dengan suhu 140 derajat celcius.

Chocolate-French-Macarons

Ciri macarons yang sukses: berkaki dan dalamnya chewy, tidak berongga alias tidak bolong ya.


Chocolate French Macarons
original recipe: Coffee Chicory Macarons

90 gr putih telur
30 gr gula pasir halus
200 gr gula bubuk
110 gr almond bubuk
1 teaspoon cocoa powder


Filling:
chocolate ganache (perbandingan bisa 1:1 atau 1:2 - whipping cream & dark chocolate)


Comments

kathy saelan said…
cantiknyaaaa !!! sukses ya ? seneng banget aku liat nya yang ini
molly maulina said…
hebat deh Vin sukses berkaki dan cantik2 pula
Siera 2505 said…
ngiri liatnya...cantik dan berkaki
satu komen aja.......KEREN
cantik banget kaki2nya......
ui uwie said…
haduh hebat euy..kakinya keluar dengan sukses ...
Mira Assjarif said…
Ya oliii keren Mba Vin.. Cantik bangeed..
Sofie Minawati said…
kereeeennn... bravo Vin :)
Wah macarons lagi... Selamat Vin berhasil :)
Vin Wong said…
iyaaa.. thanks to all..:) akhirnya bisa bikin macarons ^-^ seneng pisan, hehehhe
Welly Ferdinand said…
hebat deh Vin.. seneng liat fotonya.. cantiknya tuh macarons :)
Huwoooowww, cakeeebbb bangeeedd. Sukses, mbak Vin! Kereeen!
Monica Adriana said…
keren mbak vin! ini yg bikin langsung stlh dpt surcin itu yaa? hebatnyoo! :)
Widya Suci said…
wuih... cakep bgt mba Vin. Menul bgt macaroonnya
Devie Kardinata said…
Hai Mbak Vin.. Salam kenal... Mbak, saya tadi nyoba buat macaroons pakai resep yg Mbak Vin share disini. Hasilnya kok mleber ya Mbak? Dan waktu dah di oven jadinya rata ga berkaki dan dalamnya rada berongga. Saya prosesnya tadi putih telur dikocok sampai agak kaku ( whisker diangkat adonan sudah ga jatuh tapi di mangkuk adonannya ga sampai kaku sekali, kalau mangkuk dimiringkan adonan ikut miring ke arah kemiringan mangkuk ). tepung2an diblender semua jadi satu jadi kayak bubuk halus/ tepung gitu. Trs saya masukkan dlm 5 tahap, aduk sampai 50kali. disini kok kayak gula halus nya masih ada yang bergerindil begitu ya? Apa mesti diayak lagi Mbak habis diblender? Waktu saya spuit, adonan awalnya ga papa, trs ga berapa lama mleber Mbak. Kira2 saya salah dimana ya Mbak? Soalnya lihat hasil fotonya kok cuantikk sekali. Jadi pengen nyoba bikin juga. Ini sudah ketiga kali saya noba bikin macaroons dgn resep berbeda2 dan ga ada yg jadi hahaha... Terima kasih sebelumnya Mbak Vin... :)
Vin Wong said…
Kocok putih telornya kelamaan mba. Cukup soft peak, jgn sampai kaku. Mencampur adonan kering juga jgn kelamaan, baiknya jgn sampai 50x ya. Bbrp kali adukan, asal cukup nyampur rata, lgs lakukan tes muncungnya. Yg mba udh encer, itu udh overmixed nyampurnya.
Devie Kardinata said…
Soft peak itu gimana cirinya Mbak Vin? Saya aduk sampe 50x soalnya itu gula halusnya habis diblender rada bergerindil. Makanya saya tekan2 biji2 nya yg bergerindil supaya bisa nyampur. Ga perlu ya Mbak? Tes muncung itu, kita spuit adonannya trs ga boleh jadi meruncing atasnya ya Mbak? Mesti datar gitu ya? Thank you... :)
Vin Wong said…
mengaduknya jangan kebanyakan deh. gpp koq masih ada gula yg bergerindil dikit. biar jadi dulu macaronsnya:)
Princess D said…
mantap vin, lama ga mampir :D