Cheese Ensaymada

Mendengar namanya saja sudah aneh, Ensaymada. Ini adalah roti Philipina. Proses pembuatan hampir mirip dengan roti, tetapi adonan ini sangat lembek dan waktu membuatnya lama banget! Saat proses pembuatan, aku udah mau menyerah, soalnya adonannya terlalu lembek untuk dibentuk. Sepertinya aku kurang lama nguleninnya. Tapi begitu aku coba uleni lagi, tetep aja lembek. Lalu aku tambahkan tepung terigu (ga tau berapa banyak, ga ditimbang dulu sih:p). Akhirnya adonan cukup untuk dibentuk tetapi tetap lunak (dan ini memang ciri khas-nya Ensaymada, adonan lunak berhubung mengandung banyak cairan). Dan hasilnya memuaskan, rotinya empuk hanya kurang manis menurutku:)

Sumber: Majalah Sedap edisi 1/IX/2008
Hasil: 18 buah
Bahan I:
2 sdt ragi instan
2 sdt gula pasir
60 ml air

Bahan II:
80 gr kuning telur
60 gr gula pasir halus
150 gr tepung terigu protein tinggi
55 gr susu evaporated

Bahan III:
150 gr mentega
60 gr gula pasir
1 telur
60 gr kuning telur
1 sdt garam (aku pakai 1/2 sdt)
250 gr tepung terigu protein sedang
125 gr keju cheddar parut untuk isi
susu evaporated untuk olesan
mentega untuk olesan
gula pasir untuk taburan

Cara:
1. Bahan I, campur dan biarkan 20 menit sampai mengembang.
2. Bahan II, kocok kuning telur dan masukkan gula pasir sedikit-sedikit. Kocok sampai putih. Ganti kaki mixer dengan spiral.
3. Masukkan tepung terigu protein tinggi, susu evaporated dan bahan I secara bergantian, kocok rata, diamkan 30 menit.
4. Bahan III, kocok mentega dan gula sampai lembut. Masukkan telur dan garam sedikit-sedikit sambil dikocok sampai rata. Tambahkan tepung terigu. Aduk rata.
5. Masukkan bahan II, uleni sampai lembut. Diamkan 45 menit.
6. Kempiskan adonan dan uleni lagi sampai rata, diamkan 30 menit.
7. Timbang adonan @ 50 gr, bulatkan, diamkan 10 menit. Pipihkan memanjang, isi dengan keju. Rapatkan dan bentuk melingkar.
8. Letakkan di loyang muffin yang sudah dioles margarin. Diamkan 90 menit sampai mengembang. Oles susu evaporated.
9. Oven 15 menit dengan suhu 190 derajat Celcius. (aku cuman 10 menit).
10. Setelah matang, olesi dengan mentega dan taburi gula pasir.

Comments

molly maulina said…
cantik deh rutinya ...
Vin Wong said…
makasih:) silakan dicoba, hehehe
dee fathya said…
saya boleh nyoba juga?
btw
yg lebih aneh di filipina,
ada roti namanya roti "onong-onong ucitigakali"
molly maulina said…
mauuu yg udh mateng yaa hihi
MP sepi yaa... :(
Vin Wong said…
bentar lagi juga rame, udah mulai dibuka lagi aksesnya:p
Vin Wong said…
boleh, silakan nyoba:p oh ya?? namanya memang lucu ya...
dee fathya said…
yah, saya yang bikin namanya itu ^_S

btw dari tadi semua orang boleh coba...

satu pertanyaan saya...maaf...cara nyobanya itu gimana???

harus pake software apa?
pake USB gak?
Esti . said…
Penampakannya jadi kayak brioche ya Vin .. cakeeppp bener ;o)
Regina B said…
kali kalo empuk gitu, tinggal disendokin ke loyang muffinnya aja vin. kejunya jadi topping atau ditaburin ditiap lapisan.
eliza a said…
ensaymada yg ditunjukin di majalah kuliner indo lain dg ensaymada yg dijual di US Vin. di sini ada toko namanya Goldilocks yg jual ensaymada enak, gue pengen deh cari resepnya, tapi belum ketemu.
nih gue kasih liat link nya: http://www.goldilocks-usa.com/us-sweetbreadproducts.htm. foto ensaymada yg paling kiri.
Lily Tjhang said…
enaaakkk bgt kelihatannya..namanya unik spt bentuknya..ada bau2 filipinnya:))
Vin Wong said…
yup bener Esti, aku dah mampir ke web yg disaranin ama Eliza, ensaymada tuh sweet brioche:p Baru tahu nih...
Vin Wong said…
kalau disendokin jadi ga ada bentuknya, hihihi. Kudu dilingkar2:p Dan adonannya kudu kalis tapi tetep empuk:d
Vin Wong said…
Liza, gambarnya yang ada irisan strawberry kan? bentuknya sama lho, cuman itu kurang jelas, soalnya toppingnya pakai parutan keju:p
Vin Wong said…
ya enakkk, tapi bikinnya itu lho lama banget:p
Lily Tjhang said…
gue juga dah mikir pasti lama, di lihat dari bahan dan direction,...bagus buat tantangan, tapi gue mah lebih cepat lari ke bakery,hahahaha*dasar malas*
Vin Wong said…
hahahaha, aku juga kelihatannya ga akan sering2 bikinnyaaaa...
Regina B said…
oh man.... tu goldilocks... yummy banget. aku pernah nyoba yg dari philippines.
Regina B said…
bener vin, yg ada taburan kejunya. aku dulu makan yg spt itu. kali ensaymadanya indo udah dimodifikasi lagi... yg pernah aku coba gak diuntir seingetku.
Vin Wong said…
jadi pengen nyoba jugaaaa...
Vin Wong said…
ohh gitu ya *manggut-manggut*. Diuntir biar unik kali yaa, hehehe...
Maya Ekatrina said…
hai..salam kenal ya mba.... udah pengen dari kapan tau bikin roti satu ini, tapi kok, rasanya... gak pede..... hiks... rotinya bikin ngiler abizzz, apalagi pake keju....
Vin Wong said…
ayo mba, dicoba aja... memang lama bikinnya, tapi biar ga penasaran kan:p
eliza a said…
bukan...yg disini biasanya diatasnya parutan keju, ada gulanya, ada icingnya (kurang jelas icingnya apa ya). rotinya lembut sekali tapi emang agak manis, tapi gurih karena kejunya. difoto memang kurang jelas yah...
eliza a said…
nyoba di Aussie Reg? emang ada cabangnya? di California sini bisa pesen dikirim frozen sih, tapi mahal banget ngirimnya :D
aku paling suka roti/kue philippines dari goldilocks ini, yg lainnya kurang cocok.
eliza a said…
iya Vin...sayang belum ada di indonesia ya? jadi franchise nya deh :D
Regina B said…
kayaknya sih gak ada liz... dulu aku pernah nyobanya karena ex-colleague ada yg dari manila. biasanya dapet ensaymada, pulvaron dan mamon. :D gimana gak subur dulu coba hehehe

eh iya, ngeliat foto2 di internet, ternyata tu ensaymada pada diuntir... kali emang diuntir... heheheh
Vin Wong said…
Liza, Reg, iya aku perhatiin lagi bentuknya sama diuntir:p cuman itu foto kecil, trus ketutup banyak keju:d. Liz, di pinggirnya ada keterangan ensaymada-nya: Sweet butter bread twisted and twirled into a turban:) Jadi samaaaa.....
Regina B said…
kalo untirannya polosan aja kali lebih gampang ya vin? kalo diisi keju kan mesti dipipihkan yg notabene lengket semua di meja...
Vin Wong said…
kalau adonan ok, gampang diuntir dan dibentuk. Jadi kalau adonan sampe ga bisa dibentuk, itu ada yang salah:p
eliza a said…
emang bentuknya dipuntir, tapi kalo pernah makan goldilocks punya, dibuka tuh kejunya (dipretelin ceritanya :)) bentuk aslinya gak sama dg fotomu. bukan maksudnya bilang punyamu jelek loh Vin heheh...gak, tapi aku selalu bayanginnya lain jadinya.
Vin Wong said…
ga kok Liz, ga ada pikiran ke sana sama sekali, hehehhe. Belum pernah lihat dan makan yang di goldilock itu, jadi belum ada bayangan:p
Regina B said…
eh iya, aku keingetan... pastry chef kantor pernah bilang pas bikin kugelhopf. dia bilang ada jg yg bikin dgn resep yg super lengket ampe susah ngegulungnya. kali bisa jadi tergantung mau berapa empuk kali ya?
Vin Wong said…
hmm betul, kayaknya semakin lengket semakin empukkk:p
fedi andina said…
Mbak Vin, salam kenal. Saya mau coba resep ini, tapi jumlah tepungnya di atas seperti resep asli atau yang udah dimodifikasi sama mbak Vin?
Vin Wong said…
pakai yang resep asli dulu ya. Kemungkinan proses pengulenan saya yang kurang pas, sehingga adonan belum kalis:p
Widya Hidayat said…
Aku juga bikin dengan resep yang sama Vin - emang agak syusyah ya nge gulung nya ...
Kelembekan :(
Vin Wong said…
he eh, lembek bener dan ga bisa dibentuk makanya ditambah terigu lagi dikit:p
Lydia Rusni said…
Akhirnya ketemu juga nama kue enak ini, Pernah dapet oleh dari seorang teman yg baru jalan-jalan dr Filipina,,,,Tolong kalau ada yg tau tempat beli kue ini , info yaaa...Karena sadar diri, gag bakalan bisa bikin kue enak kaya gini...Thankyouuuuuuu