Coconut & Cheese Bread

Berhubung ada sisa kuning telur dari pembuatan Opera Cake, maka aku buat Coconut & Cheese Bread dari buku Varias Roti Lezat & Cantik 2. Hahhhhhhhhhhh, karena membuat roti ini, malemnya ga bisa tidur karena kedua tangan sakit sekali akibat terlalu banyak ngulenin:p
Dulu-dulu ga pernah tuh karena ngulenin jadi sakit ngilu gitu. Kemaren sepertinya terlalu lama ngulenin:o Dan ini roti prosesnya lumayan lama, aku juga mulai buat udah agak siangan jadi diputuskan adonan disimpan dulu (setelah point no. 5) di freezer, malemnya aku pindahkan ke chiller. Besoknya adonan didiamkan sekitar 3 jam sampai melunak kembali baru dibentuk dan diberi isi dan dipanggang.Hasilnya enak dan roti pun empuk.

Bahan A:
300 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdt ragi instan
250 ml air es

Bahan B:
100 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
1 1/2 sdt ragi instan
75 gr gula pasir
50 gr susu bubuk
2 kuning telur
1 butir telur
50 ml air
75 gr mentega tawar (aku pakai yang salted)
1 1/2 sdt garam (aku pakai 1 sdt)
susu evaporated untuk olesan

Bahan Isi:
100 gr mentega tawar (aku pakai salted)
60 gr gula tepung
2 kuning telur
50 gr susu bubuk
50 gr kelapa kering
100 gr keju cheddar parut

Cara:
1. Bahan A, aduk rata tepung dan ragi. Tuang air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Diamkan 2 jam.
2. Bahan isi, kocok mentega dan gula tepung 30 detik. Tambahkan kuning telur dan susu bubuk, kocok rata. Masukkan kelapa kering, aduk rata. Terakhir masukkan keju, aduk rata.
3. Bahan B, aduk rata tepung, ragi, gula pasir dan susu bubuk. Tambahkan bahan A, uleni sampai rata.
4. Tambahkan telur dan air sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
5. Masukkan mentega dan garam, uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit. Kempiskan adonan.
6. Timbang masing-masing adonan 30 gr. Bulatkan, diamkan 10 menit.
7. Giling adonan, oles dengan isi, gulung. Letakkan di loyang yang dioles margarin. Kerat-kerat tipis atasnya.
8. Diamkan 60 menit sampai mengembang. oles dengan susu evaporated.
9. Oven 10 menit dengan suhu 190 derajat Celcius.

Comments

ehm... enak nih pengen bikin ahhh
Susi . said…
haha...langsung praktek nih....dari obrolan demam roti di KBB
Esti . said…
Telaten sekali Vin, sayah tidak bisa bikin roti, gak kuat nguleni :o(
Rotinya cantiiiikkk !!!
hitrifirdaus - said…
pasti enak ya mbak, yummi..........
Vin Wong said…
iya mba, dicoba ajaaaa:d
Vin Wong said…
hahahahah, iya nih.. awalnya ga niat di freezer-in, tapi berhubung udah sore ya langsung inget obrolan di milis deh.. coba masuk freezer:p dan ternyata ok tuh...
Vin Wong said…
betul esti, memang cape ngulenin.. makanya saya pengen beli mixer yang rada gede gitu, hehehehe...cuman belum kesampaian:p
Vin Wong said…
enaaakkkk lembuttt:)
eliza a said…
vin, gue sih kepengen bukunya hahhaha.... gue suruh sodara gue nyari di jkt, gak nemu2...
Vin Wong said…
di Jakarta harusnya ada, cari di Gramedia:p Semoga cepet dapet bukunya yaa.. mau praktekin satu-satu ya:d