Brownies Kukus

Brownies kukus, nyam nyam enaakk. Awalnya ga kepikir brownies, tapi blog walking ke blognya Welly, lihat postingan browkus, jadi pengen:p So, aku buat pakai resep Ny. Liem juga hanya dimodif dikit aja. Karena ada sisa ganache di lemari es:p Hasilnya, waktu aku angkat pertama kali eh, bagian tengahnya belum mateng, karena waktu pengukusan kedua terlalu cepat dan pengukusan terakhir kurang lama:( Lalu aku kukus lagi deh. Bandel sih ga ikut resep, hehehe, jadi bagian tengah ada rongga tuh. Gpp deh, next time kudu ok lah:) Soal rasa, hmmm enak banget, apalagi semalem aku masukkin lemari es, tadi pagi dikeluarin, dimakan setelah empuk kembali, enak bener padat, empuk dan ada dingin-dinginnya gitu:)

Bahan:
6 telur
225 gr gula pasir
1/2 sdt vanilli
1/2 sdt emulsifier (aku pakai SP)
sedikit garam
125 gr terigu protein sedang
50 gr cocoa powder
75 ml skm (aku pakai 50 ml)
Campur:
175 ml minyak goreng
100 dcc
80 ml whipped cream (resep asal ga pakai)

Cara:
1. Kocok telur, gula, vanili sampai setengah mengembang, masukkan SP dan garam, kocok terus sampai mengembang.
2. Masukkan terigu dan cocoa yang sudah diayak bergantian dengan campuran dcc & minyak. Kocok rata.
3. Bagi 3 adonan, satu bagian ditambah dengan SKM.
4. Tuang 1 bagian adonan tanpa skm ke dalam loyang ukuran 18 x 18 x 7 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Kukus selama 10 menit.
5. Tuang lapisan kedua dengan adonan yang dicampur skm, kukus lagi 10 menit.
6. Terakhir tuang adonan sisa tanpa skm, kukus 20 menit.

Comments

Dessy Ojong said…
nyoklat sekali yah Vin,
pakein pasta coklat ?
Vin Wong said…
ga des, nyoklat karena coklat bubuk ama dcc:p
Letty Laksono said…
Mmm jadi kepengen euy... :-)
erna komara said…
cocok vin rasanya??,
Welly Ferdinand said…
Cepet banget dah praktek Vin.. hehehe.
Enak kan... ?
hasilnya cakep bener...aku juga paling suka sama brokus resep Ny Liem ini
Maya Ekatrina said…
pengen nyobain dari dulu...ampe liat di MP welly, ampe keduluan dirimu, hik engga semept juga..... kapan ya?????? ....;P
Fee 70 said…
Look so yummy...sepotong yak...^o^
dewi wakkary said…
emang bener vin, browkus kalo abis disimpen di kulkas rasanya lebih nendang deh (buat aku sih begitu....)
raras atletiko said…
brokus ny liem emang enakkk banget.. wa ditambahin whipkrim ya.. pasti jadi lebih uennak ya.. :D slurrpp..
Siera 2505 said…
contek ya Vin....
yuniar maharani said…
bronis.....mau jadi pengen..;)
ienas Tsuroiya said…
tampilannya coklat banget, kayak cake caramel..
kartika dewi said…
vin, kalo gua ga pake sp, beda ga rasanya? ngocoknya musti lamaan ato gimana?
Vin Wong said…
boleh dicoba, enaaakk:p
Vin Wong said…
cocok, pas manisnya:d ga terlalu manis.
Vin Wong said…
iya kemaren lagi pengen, hehehe... enak:)
Vin Wong said…
boleh dicoba din:)
Vin Wong said…
hasilnya ada rongganyaaaa:d
Vin Wong said…
yahhh, buruan may bikin jangan sampe ngiler terus lho:d
Vin Wong said…
he eh, enak banget ada dingin2nya, hmmmm
Vin Wong said…
tambah cream jadi lebih moist, lembut banget
Vin Wong said…
iya, silakan dicoba:)
Vin Wong said…
bikin, ditanggung yummy!
Vin Wong said…
yg bikin kaya cake caramel, rongganya itu yah, hahaha
Vin Wong said…
rasa pasti ga beda, paling ngocok harus sampai kental bener, SP kan ngebantu adonan ngembang & kental ya. Kalau ga salah inget, aku dulu pernah bikin brokus tapi ga pake SP, dan ok aja tuh.
Lina W said…
gw sering bikin nih Vin...tp heran ya kenapa hasilnya kukusannya selalu bergelombang...penampilannya ga pernah OK...salah dimana ya..?
Vin Wong said…
aku juga yang ini bergelombang:p analisaku sih di api kukusan dan lama ngukusnya. Soalnya waktu lapisan pertama, rata banget! Api harus pas, dan kalau kelamaan ngukus jadi gelombang. Yg welly mulus tuh, wel dikau pake api sedang or besar?
erna komara said…
sharing ya.......,pake api sedang aja.......,jangan besar nanti ada ombaknya.,
Sabrina's Mom said…
emulsifier atau SP apa yah vin penggantinya ? daku ngak pernah nemu...kalo ngak dipae sukses ga ya
Vin Wong said…
aku dah pake api sedang, kayanya masih kebesaran ya:p thanks!
Vin Wong said…
kalau ga pake sp, kocok nya sampai kental bener...
Jessi Lie said…
Aku paling demen nih buat browkus..., mudah n enak !:)
Vin Wong said…
jes, dikau jago lho dalam hal kukus mengukus ya, trus kalau yang bahannya putih telur lu juga jago:)
Lily Tjhang said…
Tosss Lin...gue juga selalu bergelombang, ntah kenapa, kalau soal api, kadang gue pakai api sedang, pernah juga pakai api kecil tetap gelombang lageee,....tahu kenapa neh?
Lily Tjhang said…
ini resep nyonya Liem yang paling sering gue buat Vin, gue suka bgt sama resepnya cuma hasil jadi permukaan yg ngak bagus..hahaha...
Vin Wong said…
baca tips nya di blog welly. Kalau api pakai sedang, trus kalau masih gelombang, mungkin adonan belum smooth alias campuran minyak belum nyatu ama adonan telur secara merata (ini juga dari tipsnya di blog welly:p)
Lily Tjhang said…
Thanks neh,jadi tahu setelah ngintip punya welly,hahahaa..duh penting bgt jadinya:)..ntar gue coba lagee..
Janti Purwadi said…
wah kalah juga brownies buatan Amanda di bandung hehehe...
Rossy E said…
nyoklat banget Vin browkus nya :d
Vin Wong said…
@janti: bisa aja:p
@rossy: apalagi yang lapisan bawahnya, padat moist enaakkk:d
browkus Ny. Liem yaa...emang enak kok!brokus amanda lewaat..
Vin Wong said…
memang yummy rachmah, pas manisnya:p
ririk octavia said…
kebetulan mbak lagi pengen nyobain bikin brokus, tak copy yah
wah baru tahu nih...thanks ya?