Chocolate Chips Sour Cream Cake

Setelah browsing nyari resep cake yang pakai sour cream, akhirnya nemu ini, dari Boston.com. Semula sour cream ini mau dibuat Lemon Curd Cake, tapi ada daya, hasil lemon curd nya kurang ok tuh, jadi aku ga jadi bikin Lemon cakenya. So, sour cream ini dibuat Chocolate Chips Sour Cream Cake. Pemakaian telur irit cuman 2, hasilnya lembut enak banget apalagi ada cokelat chipsnya. Resep seperti biasa aku hitung ulang untuk loyang 20cm.

Bahan:
200 gr sour cream
100 gr butter
170 gr gula tepung
2 kuning telur
2 putih telur
1 sdt vanilla
130 gr tepung terigu protein sedang
1 sdt baking soda
1/2 sdt baking powder
garam
1/2 sdt bubuk kayu manis (aku pakai 1 sdt)
150 chocolate chips (aku pakai 100 gr)

Cara:
1. Kocok gula (sisakan sedikit untuk taburan), butter, kuning telur, sour cream dan vanila.
2. Masukkan tepung terigu, baking soda, baking powder dan garam. Kocok rata. Sisihkan.
3. Kocok putih telur sampai kaku. Masukkan kocokan putih telur ke dalam adonan, aduk rata.
4. Campur cokelat chips, kayu manis dan gula tepung.
5. Tuang setengah adonan ke dalam loyang ukuran 20 x 20 x 4 cm yang dioles butter, dialas kertas roti, dan ditaburi tepung terigu. Taburi dengan campuran cokelat chips. Tuang sisa adonan, dan taburi dengan sisa cokelat.
6. Panggang selama 35 - 40 menit dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius.

Comments

Vin Wong said…
penampakan mirip, rasa jauh beda:p Ini ringan empuk ga padat...
Welly Ferdinand said…
Empuk ya Vin ? jadi pengen nyoba soalnya telurnya cuma 2 .. hehehe
Efi Andra said…
Vin, thanks yach........ secara di kulkas masih punya sour cream, aku mau coba ah.... ntar malem, izin copas resepnya yach! btw punya resep yang pake garlic cheese cream ga, kalo ada mau dong linknya?
Vin Wong said…
empuk tulen, hehehe
Vin Wong said…
he eh, silakan dicoba:) resep garlic belum punya nih, ntar mo nyari juga ah:p
kartika dewi said…
boleh nih...kapan2 gua coba ahh..vin mo nanya, tepung gula itu gula apa ya? castor sugar? ato icing sugar?
Jessi Lie said…
jadi pengin nyoba nih.., vin sourcream bisa beli dimana ?
Esti . said…
Yuuummmyyy, asyik minum teh pake ini .. diluar hujan pulaaaa (ngiler.com)
Vin Wong said…
gula tepung = icing sugar
Vin Wong said…
sour cream beli di supermarket sederetan ama mascarpone, cream cheese...
Vin Wong said…
wahh bener esti, yummy bener tuh:p hehehe
Lily Tjhang said…
itu atasnya crispy yah?enaaak neh..:)
foni jumani said…
gue demen nih yg telornya irit hehe.. ini lo pake loyang kotak tuk bolgul?
yohana halim said…
asyik...TFS...akhirnya aku nemu resep buat ngabisin sour cream di kulkas
Vin Wong said…
atasnya kering, kalau mo lebih crispy lamaan lagi panggangnya:p
Vin Wong said…
loyang kotak 20 cm tinggi 4 cm. Kalau bolgul ada yang tinggi 3 cm kan? Pakainya yang 4 cm ya, kalau 3 cm kurang tinggi:p
Vin Wong said…
hehehe, sama-sama yo, aku juga nyari ini resep buat ngabisin si sour cream:d
foni jumani said…
vin, loyang setelah diolesin mentega, atasnya dipakein kertas roti ? trus taburin tepungnya di atas kertas roti? nanya soale gue kg pernah pake kertas roti nih
Vin Wong said…
loyang dioles mentega alas kertas roti, oles mentega lagi baru ditaburi terigu:p
foni jumani said…
tau nga semalem gue bikin ini vin,berhubung ada sour cream and juga ada bercoklat2 kan, hehe..lapis surabaya kg jadi ini aja deh embat,,, hari gini gue kudu makan bercoklat2 berhubung menetralisir kemumetan urusin bocah heheh,,,
eh intinya ok tuh kuenya lembut ya..tp gue liat textur gue ama lo beda nih vin. tuk baking soda &powder takerannya gue pake kebalikannya, trus sour creamnya juga mungkin engga 200gr berhubung sisa hehehe.. tp intinya nikmat lah...
gue engga pake kertas roti berhubung keder hahaha.... langsung aja mentega terigu
thx booo
Vin Wong said…
yg penting tetep jadi & enak ya! hehe. Tekstur yg lu emang gimana?
foni jumani said…
sebenarnya sih sama empuk ringan, tp alo difoto kyknya jadinyabeda..apa kg keliatan jelas disini kali ya jadi bayangan gue doang ehhe
eh bo, resep lo ketinggalan butternya tuh dimasukin ke no 1 hehe eh kalo gue sih masukin ke no 1..soale celinguk2 cari butter dimasukin kemana nih hehhe
Vin Wong said…
udah dikoreksi si butternya, ya masuk ke no.1:p
Airin Rosalin said…
Tfs mbak :)
Kebetulan punya sour cream tapi males bikin chizkeik :D