Lapis Legit Gulung Prunes

Hari ini lanjut bikin yang digulung-gulung lagi, Lapis Legit Gulung Prunes! Resep asal dari Resep Andalan Ny. Liem, aku modif sedikit. Lalu prunes yang ada cuman 4 biji:p Jadinya prunes tidak menyebar merata. Jadinya ini 4 lapis. Dan lapisan ketiga kurang ok alias berminyak, karena tadi pas nimbang lapisan ketiga ada insiden timbangan digitalnya abis batere. Jadi tuh adonan kebanyakan diaduk dan dipindah2.

Bahan:
80 gr mentega (original 100 gr)
60 gr margarin (original 75 gr)
1 sdm SKM (original ga pakai)
210 gr kuning telur (original 225 gr)
90 gr gula tepung (original 150 gr)
1/4 sdt vanili bubuk (original 1/2 sdt)
10 gr tepung terigu kunci (original 5 gr)
5 gr susu bubuk
buah prunes

Cara:
1. Kocok mentega dan margarin sampai putih mengembang. Tambahkan SKM, kocok rata.
2. Kocok kuning telur, gula tepung dan vanili sampai kental. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk. Aduk rata.
3. Masukkan kocokan mentega ke dalam adonan telur, aduk rata.
4. Tuang 100 gr adonan ke dalam loyang 22 x 22 x 4cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Panggang dengan suhu 150 derajat Celcius dengan api bawah selama 3 menit. Ganti api atas, panggang kembali 4 menitan (sampai kuning kecoklatan dan matang).
5. Tuang lapisan kedua, panggang kembali 7 menit.
6. Tata buah prunes, tuang lapisan ketiga, panggang 7 menit. Lakukan sampai adonan habis.

Comments

Widya Hidayat said…
bagus banget Vin foto nya....
Aku juga pernah bikin - tapi ga sebagus punyamu di foto, hahaha :)
Vin Wong said…
bikin lagi Wid, menurutku resep aslinya terlalu banyak butternya. Makanya aku kurangin:p
Jessi Lie said…
rajin amat vin, soal rasa gimana ? Ok ga ?
Vin Wong said…
rasa lumayan, tapi aku belum puas sama rasa sekarang. Lebih enak kalau spekuk:p Ntar next time, aku buat lapis gulung yang rasa spekuk
Lily Tjhang said…
duh ngiler bgt liat poto aja gitu..gimana kalo ada di depan gue yeh?hiks
Vin Wong said…
ada didepan mata langsung samber ly! hahaha
ririk octavia said…
canggih jadi mupeng pengen biki yang digulung - gulung juga
Vin Wong said…
he eh, cobain deh:)
Lina W said…
Vin...itu resepnya dikurangi dr originalnya, apa krn memakai loyang lebih kecil?
Vin kira2 tiap lapisan adonan itu berapa gram adonan ya???
foni jumani said…
hebat222..gue masih blom berani bikin kue lapis vin... gue mau makan langsung aja ehhehe.kirimin dongng
Vin Wong said…
resep asli pakai 2 loyang ukuran 20 x 24 x 2cm. Resep ny.liem memang suka aneh, ini 1 resep ga akan cukup buat 2 loyang itu. Pasnya buat 1 loyang. Aku pakai 22 x 22 pas, karena 22 x 22 sama dengan 20 x 24.
Vin Wong said…
untuk loyang 22 x 22 cukup pakai 100 gr tiap lapisannya.
Vin Wong said…
hehe, gua tertantang kudu bisa bikin lapis legit:p jadinya sering buat sampe akhirnya berhasil:d
hitrifirdaus - said…
skm itu apa mbak? susu kental manis?thanks for sharing yah mbak
Vin Wong said…
betul, skm = susu kental manis
Dapoer Manis said…
cantik banget lapis legitnya... fotonya jg bagus banget....
Vin Wong said…
thanks ibu tina:p
Welly Ferdinand said…
Salam kenal, ngintip resepnya ya .. kayaknya yummy nih
Vin Wong said…
salam kenal lagi ya... boleh diintip:)
Vin, skm bisa diganti susu bubuk ngga ???
itu manggang yg ke dua kali sama kan yah diselingi api atas & bawah juga, seperti yg proses pertama..
Vin Wong said…
Ilva, skm boleh di skip aja... lapisan kedua dst pakai api atas aja.
Vin .. hehehhehe nanya lagi dung...
itu pas terigu masuk di kocok masih pake mixernya atau pake spatula yah..

trus manggangnya sampai akhir pake api atas aja yah ..
Prunes nya di rendam air panas dulu ngga yah biar empuk, ..

Hallllaaaah banyak nanya yak.. Maap yak bu...
Vin Wong said…
terigu boleh dikocok mixer (pakai speed rendah), atau spatula juga bisa (aduk balik).
Ya, manggang api atas (cuman awal aja yang api bawah bentar)
kalau aku prunesnya ga direndam, udah cukup empuk koq:p beda kali ya prunes disana? aku pakai yang udah jadi tinggal makan gitu lho:d